Selasa, 22 Mei 2012

Kayu Putih


Kayu putih

Kayu putih dari Koehler
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
M. leucadendra
Melaleuca leucadendra

Kayu putih merupakan pohon anggota suku jambu-jambuan (Myrtaceae) yang dimanfaatkan sebagai minyak kayu putih yang biasanya dipakai oleh masyarakat untuk menghangatkan badan, mengobati mabuk darat dan lain-lain. Kayu putih dapat menjadi miyak dengan cara ekstrak yaitu minyak diekstrak (biasanya disuling dengan) terutama dari daun dan rantingnya. Namanya diambil dari warna batangnya yang memang putih.
Tumbuhan ini terutama tumbuh baik di Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara, namun demikian dapat pula diusahakan di daerah-daerah lain yang memiliki musim kemarau yang jelas. Sebagai tumbuhan industri, kayu putih dapat diusahakan dalam bentuk hutan usaha agroforestri. Minyak kayu putih yang diambil dari penyulingan biasa dipakai sebagai minyak balur atau campuran minyak pengobatan lain (seperti minyak lain) atau campuran parfum serta produk rumah tangga lain.
Manfaat minyak kayu putih sangat banyak, sehingga banyak orang yang menggemari minyak ini untuk digunakan sebagai obat maupun sebagai penghangat badan. Terutama pada keluarga yang mempunyai anak kecil. Tumbuhan kayu putih ini dapat tumbuh mencapai 10 meter lebih. Tumbuhan ini juga merupakan kelompok dikotil.
Jika ada informasi lain bisa ditambahkan. Terima Kasih ^,^

2 komentar:

  1. Blog yang bagus mbk iga,
    pada artikel diatas terdapat kalimat "Kayu putih dapat menjadi miyak dengan cara ekstrak yaitu minyak diekstrak (biasanya disuling dengan) terutama dari daun dan rantingnya."
    yang saya tanyakan, apakah penyulingan yang dimaksudkan sama dengan destilasi yang selama ini kita kenal?

    Sedikit tambahan informasi juga,
    Dalam pembuatan minyak kayu putih, Daun kayu putih yang akan disuling sebaiknya masih dalam keadaan segar atau paling tidak belum lebih dari 12 jam setelah dipanen. Apabila penyulingan daun tersebut dilakukan setelah 12 jam kemudian (daun sudah tidak segar lagi) maka rendemen serta kualitas minyak kayu putih yang dihasilkan akan berkurang.

    BalasHapus
  2. Informasi yang sangat bermanfaat,,memang benar umumnya kayu putih memang sangat digemari orang untuk menghangatkan badan.....
    heemmmm di Mojokerto khususnya di Dawar tempat tinggalku sangat banyak pohon ini...so...LIKE This

    BalasHapus